KONSTRUKSI BAJA RINGAN

Langkah untuk mengganti konstruksi atap kayu dengan material baja ringan dan genteng metal adalah langkah tepat, karena langkah tersebut juga sudah sesuai dengan program pemerintah untuk ‘GO GREEN’ menjadikan rumah kita ramah lingkungan. Dengan mengganti material kayu dengan material alternatif ini berarti anda juga telah membantu menyelamatkan hutan dan mencegah terjadinya bencana alam.

Sesuai dengan namanya, material ini juga sangat ringan, bobotnya per meter persegi hanya sekitar 12 kg dibandingkan dengan rangka kayu yang berbobot sekitar 40 kg/m2.

Walaupun ringan tapi anda tidak perlu khawatir karena material berbahan baku zincalume atau galvalume ini daya tahannya lebih unggul dibandingkan material kayu. Selain itu kecepatan dalam perakitan (20-30 m2/hari) dengan tenaga kerja yang lebih sedikit akan memberikan nilai ekonomis sehingga dapat menekan biaya pembangunan.

Biaya per meter persegi jika ingin merenovasi atap dengan material baja ringan juga sangat tergantung kualitas dan merek dagang material ini di pasaran, kisaran harganya antara 110 ribu – 180 ribu per m2. Jika dibandingkan dengan harga kayu yang tahan rayap tentunya harga baja ringan ini relatif murah karena anda harus mencari kayu dengan kualitas kelas I yang sangat mahal.

Pengerjaan konstruksi atap baja ringan ini membutuhkan keahlian khusus, sehingga praktisnya anda dapat menghubungi beberapa aplikator baja ringan untuk dapat membandingkan harga serta kualitasnya. Anda cukup menyerahkan desain arsitektur dari bangunan anda atau mengundang aplikator tersebut untuk mensurvei bangunan anda dan mereka akan membuat rancangan atap dengan menggunakan software khusus yang hasilnya lebih akurat.

Konstruksi atap baja ringan ini tidak membutuhkan konstruksi tambahan karena bobotnya lebih ringan dari material kayu, sehingga struktur rumah anda sudah cukup kuat untuk menahan beban atap tersebut. Hanya ada sedikit catatan untuk material penutup atap atau genteng yang akan digunakan, karena semakin berat jenis genteng yang digunakan, maka jarak antar rangka kuda-kudanya semakin rapat sehingga beban atap pun akan semakin berat.

Aplikasi Rangka atap baja Ringan dengan Atap Metal

Kekurangan lain dari material ini karena sistem rangkanya yang cukup rumit terlihat kurang menarik untuk diekspos tidak seperti halnya kayu. Juga tidak sefleksibel kayu untuk dipotong dan dibentuk profilnya sehingga konstruksi ini jarang digunakan untuk bangunan-bangunan berlanggam tradisional. Selain itu karena kekuatannya merupakan jaringan yang saling mempengaruhi satu sama lain, maka desain, perhitungan dan aplikasinya harus benar-benar akurat karena kelemahan di satu sisi akan mempengaruhi seluruh konstruksi atap.

Jika anda menggunakan genteng metal untuk penutup atap rumah, tentunya material ini sudah sesuai untuk diaplikasikan pada konstruksi baja ringan karena bobot genteng ini juga sangat ringan sekitar 5 kg/m2. Jika ingin mengaplikasikannya pada rangka kayu juga tidak masalah, anda hanya harus menyesuaikan jarak reng yang disyaratkan oleh produsen genteng metal tersebut, karena bentuk dan ukuran genteng metal ini juga bervariasi. Genteng metal ini juga bebas perawatan karena tahan terhadap karat, jamur, pecah serta perubahan warna karena faktor cuaca.

saat ini solusi yang paling tepat untuk mengatasi kontruksi atap yang berat dengan biaya yang terjangkau adalah dengan menggunakan konstruksi atap baja ringan dan penutup atap genteng metal. Di luar negeri sudah ditemukan beberapa alternatif penutup atap yang lebih ringan lagi seperti atap berbahan serat fiber, lateks dan sebagainya tetapi belum berkembang di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi, akan ditemukan solusi-solusi lain yang lebih tepat guna di masa yang akan datang.

Konstruksi Baja Ringan

Konstrusi Rangka Atap Baja Ringan

Berbeda dengan baja konvensional, baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara baja konvensional. Baja ringan ini termasuk jenis baja yang dibentuk setelah dingin (cold form steel). Rangka atap baja ringan diciptakan untuk memudahkan perakitan atap baja ringan dan konstruksi sipil. Meskipun tipis, baja ringan memiliki derajat kekuatan tarik yang tinggi yaitu sekitar 550 MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa. Kekuatan tarik dan tegangan untuk rangka atap ini untuk mengkompensasi bentuk atap baja yang tipis. Ketebalan baja ringan untuk atap ringan yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4mm – 1mm.

Perhitungan kuda-kuda rangka baja ringan dari jasa konstruksi amat berbeda dengan kayu, yakni cenderung lebih rapat. Semakin besar beban yang harus dipikul, jarak kuda-kuda semakin pendek. Misalnya untuk genteng dengan bobot 40 kg/m2 jarak kuda-kuda atap baja bisa dibuat setiap 1,4m. Sementara bila bobot genteng mencapai 75kg/m2, maka jarak kuda-kuda atap baja ringan menjadi 1,2m. Kenapa harus dipakai rangka atap baja ringan oleh jasa konstruksi?

 

Inilah kelebihan dan kekurangannya:
Kelebihan:

  1. Karena bobot rangka atap yang ringan menurut konstruksi sipil maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah (jadi lebih irit strukturnya)
  2. Baja ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustible).
  3. Tidak bisa dimakan rayap (memangnya rayap makan baja atap ringan…?.)Pemasangan rangka baja relatif lebih cepat apabila dibandingkan rangka kayu.
  4. Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, jadi tidak berubah karena panas dan dingin (itu kata aplikatornya lho).

(sumber : serial rumah)

Kekurangannya :

  1. Kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang berbentuk jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon.
  2. Karena strukturnya yang seperti jaring ini maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya maksudnya jika salah satu bagian kurang memenuhi syarat keamanan, maka kegagalan bisa terjadi secara keseluruhan (biasanya perhitungan strukturnya langsung dilakukan oleh structural engineer dari aplikatornya)
  3. Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil. (makanya jarang digunakan pada bangunan tradisional…)

Keunggulan Konstruksi Atap baja Ringan

Atap Baja Ringan (Truss) menawarkan alternatif konstruksi atap rumah dengan menggunakan bahan baku baja lapis Zincalume (55% Alumunium, 43.5% Zinc dan 1.5% Silikon) atau baja Galvanis yang telah dibentuk menjadi profil-profil batangan dengan ketebalan dan panjang yang dapat dipesan sesuai kebutuhan.

Keunggulan menggunakan Rangka Atap Baja Ringan:

  1. Lebih mengutamakan struktur dengan sistem plat Buhul di setiap tumpuan sendi (seperti jembatan) lebih kokoh dari kuda-kuda baja lainnya.
  2. konstruksi atap baja stabil dan aman
  3. Menggunakan tumpuan sendi dan roll
  4. Prefabrikasi perkomponen
  5. Atap baja Tahan terhadap karat, rayap dan perubahan cuaca dan kelembaban
  6. Atap baja Bisa dipakai dengan genteng metal maupun keramik atau beton yang berat
  7. Atap baja Dirancang stabil terhadap tekuk, puntir serta muai/mulur
  8. Pemasangan yang profesional dan terlatih hingga cepat pengerjaannya
  9. Terdapat banyak pilihan jenis kuda-kuda
  10. Pemilihan bentang: 6 m – 8 m (bentang kecil), 8 m – 10 m (bentang menengah), 10 m – 12 m (bentang besar)
  11. Lebih dari 12 m (bentang khusus)
  12. Tersedia material dengan galvalume, zincalume dan galvanized

Dengan menggunakan Baja Ringan untuk keperluan atap rumah anda, dapat melindungi atap rumah anda dari rayap dan karat serta tahan terhadap segala cuaca, serta ikut melestarikan lingkungan kita. Dengan menggunakan Truss, atap rumah anda dapat bertahan hingga puluhan tahun.

Dengan konstruksi baja ringan yang kuat dan benar akan mampu menopang beban yang berada di atas pada atap rumah anda. Dalam pemasangan konstruksi atap baja ringan untuk atap rumah anda akan dikerjakan oleh orang-orang yang telah berpengalaman di bidang pemasangan rangka atap baja ringan yang dilengkapi dengan perhitungan-perhitungan yang matang untuk setiap sisi pemasangan atap baja.

Rangka Atap Baja Ringan
Atap baja ringan (truss) menawarkan alternatif konstruksi atap baja ringan untuk rumah dengan menggunakan bahan baku baja lapis zincalume (55% alumunium, 43.5% zinc dan 1.5% silikon) atau baja galvanis yang telah dibentuk menjadi profil-profil batangan dengan ketebalan dan panjang yang dapat dipesan sesuai kebutuhan.

Keunggulan menggunakan rangka atap baja ringan:

  • Atap baja lebih mengutamakan struktur dengan sistem plat buhul di setiap tumpuan sendi (seperti jembatan) lebih kokoh dari kuda-kuda baja lainnya
  • Konstruksi atap baja stabil dan aman
    · Menggunakan tumpuan sendi dan roll· Prefabrikasi perkomponen
    · rangka atap baja tahan terhadap karat, rayap dan perubahan cuaca dan kelembaban
    · rangka atap baja bisa dipakai dengan genteng metal maupun keramik atau beton yang berat
    · Dirancang stabil terhadap tekuk, puntir serta muai/mulur
    · Pemasangan yang profesional dan terlatih hingga cepat pengerjaannya
    · Terdapat banyak pilihan jenis kuda-kuda
    · Pemilihan bentang: 6 m – 8 m (bentang kecil), 8 m – 10 m (bentang menengah), 10 m – 12 m (bentang besar)
    · Lebih dari 12 m (bentang khusus)
    · Tersedia material dengan galvalume, zincalume dan galvanized

Dengan menggunakan baja ringan atau atap ringan untuk keperluan atap rumah anda, dapat melindungi atap rumah anda dari rayap dan karat serta tahan terhadap segala cuaca, serta ikut melestarikan lingkungan kita. Dengan menggunakan truss, atap rumah anda dapat bertahan hingga puluhan tahun.

Dengan konstruksi baja ringan atau atap ringan yang kuat dan benar akan mampu menopang beban yang berada di atas pada atap rumah anda. Dalam pemasangan konstruksi baja ringan untuk atap rumah anda akan dikerjakan oleh orang-orang yang telah berpengalaman di bidang pemasangan rangka atap baja ringan yang dilengkapi dengan perhitungan-perhitungan yang matang untuk setiap sisi pemasangan.

Rangka atap baja ringan ini telah banyak digunakan karena lebih effisiennya biaya perawatan, dengan keunggulan baja ringan untuk atap rumah yang tahan lama dengan bahan baja ringan tersebut.

rangka atap dan rangka baja ringan dipasang dengan sistem konstruksi rangka atap dan rangka baja yang stabil dan kokoh dengan keunggulan baja ringan yang tahan terhadap segala cuaca, tidak berkarat, anti rayap, kuat untuk puluhan tahun, atap rumah akan semakin kokoh dengan menggunakan rangka atap baja ringan dan memiliki kelebihan lainnya. Keterangan lebih lanjut dapat anda dapatkan dari brosur-brosur kami.

Tips Sebelum Membeli Atap Baja Ringan

Ada beberapa saran yang hendaknya dipertimbangkan sebelum memakai material baja ringan produksi suatu pabrik/industri tertentu sebagai rangka Atap Baja.

Masing-masing produsen memproduksi material baja ringan ini dengan profil yang berbeda bentuk atau cetakannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih material baja ringan yang kuat berdasarkan perhitungan struktur bentuk profilnya.

Sebaiknya dihindarkan jatuhan adukan semen pada profil saat melakukan plesteran dinding atau ketika pemasangan nok genteng. Adukan semen yang jatuh, selain mengganggu kebersihan dan kerapian perangkat kuda-kuda, memiliki daya lekat yang sangat kuat dan dapat, yang mengakibatkan kerusakan pada lapisan coating material baja tersebut.

Lapisan atau coating berfungsi sebagai pelindung material baja ringan dari proses korosi atau karat. Dengan lapisan tersebut, daya tahan material baja ringan terhadap karat menjadi empat kali lipat daripada baja biasa.

Karena itu, sangat penting untuk tidak melakukan goresan apa pun terhadap lempengan (profil) rangka Atap Baja ringan. Proses karat biasanya akan muncul pada lubang-lubang bekas bor untuk pemasangan sekrup lantaran di bagian ini lapisan coating telah terkelupas.

Tetapi, kita tak perlu cemas benar. Setiap produsen material baja ringan ini menyediakan garansi bagi produk mereka. Pilihan garansi bervariasi antara 5 hingga 25 tahun. Sangat meyakinkan dan cukup menciptakan rasa tenang di hati kan?

Aman Menggunakan Rangka Atap Baja RinganDibanding kayu, rangka atap baja ringan juga lebih aman. Begitu penilaian Ibnu Mas’ud, pemilik perusahaan rangka atap baja ringan PT Arta Emas Abadi. Baja, menurut Ibnu, memiliki elastisitas yang tinggi sehingga tidak akan langsung patah ambruk jika suatu kali terjadi gempa.

Saat terjadi kebakaran pun tidak akan hancur dilumat api. Ini berbeda dengan rangka dari kayu yang justru akan memperbesar api jika terjadi kebakaran.

”Bukan berarti baja tahan api. Minimal, kalau terjadi kebakaran tidak akan memperbesar api. Rangka tidak akan langsung jatuh, masih tetap kokoh. Hanya baja-baja yang rusak yang diganti, tidak perlu seluruhnya,” papar Ibnu.

Dari sekian banyak keunggulan, rangka atap baja tentu memiliki kelemahan. Menurut Yuyu, kelemahannya hanya satu yaitu pemasangan. Rangka atap baja ringan tidak bisa dipasang oleh sembarang orang. Hanya orang-orang terlatih yang bisa melakukannya. Hal ini karena struktur rangka baja telah dihitung secara tiga dimensi menjadi satu kesatuan. Andaikan ada satu saja pemasangan yang tidak tepat akan melemahkan struktur lainnya.

”Pemasangan harus hati-hati dan dilakukan oleh orang yang ahli. Kalau pemasangan dilakukan dengan tepat, tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Rangka akan kuat, genteng pun tertata rapi dan indah. Penghuni pun akan nyaman,” papar Yuyu.

Harganya? Cukup bervariasi. ”Harga tergantung dari ukuran. Dan biasanya, harga sudah satu paket dengan pemasangan dan pengiriman,” kata Ibnu. Sekadar gambaran, rangka baja ringan jenis zinc aluminium ukuran 0,80 mm ditawarkan Rp 130 ribu per meter persegi (bentuk atap pelana/biasa), sedangkan untuk atap bentuk jurai (limas) Rp 135 ribu per meter persegi. Bagaimana, cukup terjangkau?

Gaya Dengan Atap Baja Ringan Tahan lama kekuatan baja ringan bisa sampai 10 tahun. “atap baja yang dipakai adalah baja bermutu tinggi, hi-ten g550 lapis zinc dan alumunium. Baja di-treatment hingga tipis, lalu ditarik hingga mutu atap baja ringan tinggi. Kekuatannya sama dengan baja-baja biasa. Kuat, bisa diinjak-injak, untuk menahan beban genteng, plafon, memasang lisplang dan listrik,” papar fransisca lagi. Selain itu, dari segi pemasangan atap baja sangat efisien. “sehari bisa memasang 25 m2. Jika mencapai 100 m2 bisa sampai empat hari. Hari kelima sudah bisa pasang genteng. Sementara jika memakai kayu bisa dua kali dari itu. Apalagi baja konvensional tiga kalinya.” bahkan saat pemasangan, tempatnya relatif bersih, tak banyak sisa-sisa potongan. Kenyamanan memakai baja ringan diakui pemilik rumah ir. Donnie di daerah cipete. Sang aristek memilih rangka atap dengan memakai baja ringan, bukan kayu. “memang, sih, untuk harga dibanding dengan kayu jenis tertentu jadi terasa sedikit agak lebih mahal. Tapi kalau dibandingkan dengan kayu kamper atau jati tentu jadi lebih murah. Bayangkan, sudah mahal tapi dimakan rayap pula, jadi jatuhnya tambah mahal, bukan?” papar ir. Nehemia, konsultan rumah tersebut. Selain dari harga, atap baja ringan segi pengerjaan pun lebih mudah dan cepat. “karena kita tinggal merancang modelnya seperti apa, bagian pabrik yang membuat rangka. Setelah itu, kita tinggal menyambung dengan menggunakan baut. Memasangnya pun tak lama hanya 3-4 hari saja. Sementara kayu, selain lebih berat, tenaga yang dipakai pun lebih banyak meski bahannya lebih murah.” Menurut nehemia, kekuatan kayu pun diprediksi berusia 10-20 tahun saja. “sementara kalau memakai baja ringan bisa mencapai 50-100 tahun.” kelebihan lain, baja anti rayap dan ringan. Jadi, jangan bayangkan baja-baja yang berat, karena baja yang dipakai untuk kuda-kuda rumah berbeda jenisnya. “ringannya seperti seng, kalau dibentangkan dan ditekuk-tekuk gampang sekali. Kena angin pun lebih fleksibel menahan beban.” Tren memakai rangka baja ringan ini, lanjut nehemia, diramalkan akan bertahan lama. “bayangkan jika orang masih memakai kayu, berapa banyak lagi pohon yang ditebang. Apalagi dengan kemajuan zaman, teknologi tinggi, orang maunya serba cepat dan praktis.” Sayangnya, berbeda dengan kayu, kuda-kuda dari atap ringan dari baja ringan kurang bagus dari segi estetika. Itu sebabnya harus ditutup dengan eternit. Tetapi jangan khawatir, karena perawatan atap ringan lebih gampang karena tak perlu dipoles dengan anti rayap. Bahkan di saat gempa atau angin besar baja akan tetap bertahan Pemasangan Baja Ringan Perlu Diawasi
Struktur baja ringan yang diyakini mempunyai kelebihan dalam hal umur pakai dan kekuatan, memang mempunyai perilaku yang berbeda dibandingkan dengan struktur kuda-kuda kayu. Struktur kuda-kuda kayu mempunyai dimensi yang lebih besar dibandingkan struktur baja ringan, terutama dalam hal ketebalan profil. Struktur baja ringan mempunyai dimensi yang lebih tipis dibanding kuda-kuda kayu, mulai dari ketebalan 0.75 mm hingga ketebalan 1 mm. Rangka baja misalnya dapat kita temukan pada atap baja ringan.

Dengan dimensi yang relatif lebih kecil, tentu saja sistem pemasangan struktur baja ringan berbeda dengan sistem pemasangan kuda-kuda kayu. Struktur baja ringan mempunyai kekuatan tarik yang tinggi tapi bersamaan dengan itu mempunyai kekakuan yang lemah. Oleh karena itu, salah satu faktor utama yang menentukan kekuatan struktur baja ringan adalah batang pangaku, dalam struktur baja ringan biasa disebut dengan istilah BRACING.

Bracing atau pengaku inilah yang digunakan untuk mengantisipasi kekakuan baja ringan yang lemah. Banyak jenis bracing atau pengaku dalam struktur baja ringan, mulai dari pengaku batang bawah, pengaku batang atas, ikatan angin, ataupun pengaku web yang mempunyai fungsi dan penempatan yang berbeda-beda sesuai dengan perhitungan dan beban atap. Mungkin Anda juga mengenal atap baja. Kurang atau tidak diperhitungkannya bracing atau pengaku dalam struktur baja ringan, dapat menimbulkan resiko yang tidak diinginkan, resiko terburuk yang dapat terjadi adalah kegagalan struktur baja ringan hingga mengakibatkan kerobohan atap.

Oleh karena itu, salah satu point yang harus diperhatikan dalam penggunaan struktur baja ringan, misalnya atap baja adalah pengaku atau bracing yang digunakan. Dengan perhitungan yang tepat, struktur baja ringan menjadi solusi terbaik pengganti kuda-kuda kayu.

Konstruksi Atap Baja Ringan untuk Rumah Anda

Atap Baja Ringan (Truss) menawarkan alternatif konstruksi atap rumah dengan menggunakan bahan baku baja lapis Zincalume (55% Alumunium, 43.5% Zinc dan 1.5% Silikon) atau baja Galvanis yang telah dibentuk menjadi profil-profil batangan dengan ketebalan dan panjang yang dapat dipesan sesuai kebutuhan. Keunggulan menggunakan Rangka Atap Baja Ringan:

1. Lebih mengutamakan struktur dengan sistem plat Buhul di setiap tumpuan sendi (seperti jembatan) lebih kokoh dari kuda-kuda baja lainnya.
2. konstruksi atap baja stabil dan aman
3. Menggunakan tumpuan sendi dan roll
4. Prefabrikasi perkomponen
5. Atap baja Tahan terhadap karat, rayap dan perubahan cuaca dan kelembaban
6. Atap baja Bisa dipakai dengan genteng metal maupun keramik atau beton yang berat
7. Atap baja Dirancang stabil terhadap tekuk, puntir serta muai/mulur
8. Pemasangan yang profesional dan terlatih hingga cepat pengerjaannya
9. Terdapat banyak pilihan jenis kuda-kuda
10. Pemilihan bentang: 6 m – 8 m (bentang kecil), 8 m – 10 m (bentang menengah), 10 m – 12 m (bentang besar)
11. Lebih dari 12 m (bentang khusus)
12. Tersedia material dengan galvalume, zincalume dan galvanized

Dengan menggunakan Baja Ringan untuk keperluan atap rumah anda, dapat melindungi atap rumah anda dari rayap dan karat serta tahan terhadap segala cuaca, serta ikut melestarikan lingkungan kita. Dengan menggunakan Truss, atap rumah anda dapat bertahan hingga puluhan tahun.

Dengan konstruksi baja ringan yang kuat dan benar akan mampu menopang beban yang berada di atas pada atap rumah anda. Dalam pemasangan konstruksi atap baja ringan untuk atap rumah anda akan dikerjakan oleh orang-orang yang telah berpengalaman di bidang pemasangan rangka atap baja ringan yang dilengkapi dengan perhitungan-perhitungan yang matang untuk setiap sisi pemasangan atap baja.

PERUSAHAAN BAJA RINGAN (PRYDA-Review)

Menjamurnya industri konstruksi baik di kota-kota besar hingga ke pelosok daerah mendorong pertumbuhan industri baja ringan sebagai bagian konstruksi atap bangunan semakin meningkat. Puluhan bahkan ratusan merek baja ringan bermunculan di pasaran dalam waktu singkat dengan beraneka ragam spesifikasi dan sistem struktur. Belum adanya peraturan di Indonesia yang mengatur khusus tentang struktur baja ringan merupakan salah satu sebab mudahnya medirikan perusahaan baja ringan bagi para pemodal ataupun investor. Akibatnya sering kita dengar adanya kerobohan struktur atap baja ringan dikarenakan struktur baja ringan yang dipasang jauh dari standar ataupun peraturan yang disyaratkan.

Di kesempatan ini redaksi dari RangkaAtap.com akan mengulas perusahaan atau fabrikan besar secara singkat di industri rangka atap bangunan khususnya rangka atap baja ringan. Salah satu pemain besar yang tidak asing lagi di industri konstruksi pada umumnya dan dalam industri baja ringan di Indonesia pada khususnya adalah Pryda Australia. Pryda Australia yang berdiri sejak tahun 1964 adalah bagian dari divisi ITW Australia Pty Ltd. Sebagai induk organisasi, Illinois Tool Work Inc. merupakan perusahaan global produk rekayasa konstruksi dan sistem struktur dengan 600 operasi di 44 negara. Di Indonesia Pryda Australia masuk sejak tahun 1993 dengan membawa sistem rangka atap kayu prefabrikasi, dan pada tahun 2003 berinovasi dan beralih teknologi menjadi rangka atap baja ringan prefabrikasi. Perwakilan sekaligus sebagai Fabrikator Resmi di Indonesia dipercayakan kepada PT. Bangun Nusa Persada, sebagai perusahaan yang memiliki autorisasi penuh menjual produk Pryda. PT. Bangun Nusa Persada merupakan fabrikan baja ringan terbesar yang mendominasi pasar baja ringan di Indonesia, dengan sistem struktur atau keunggulannya masing-masing.

KONSTRUKSI BAJA RINGAN

Dengan semakin banyaknya sistem rangka atap baja ringan yang dipasarkan di Indonesia, semakin banyak pula pilihan yang beragam bagi konsumen, sayangnya bersamaan dengan itu banyak baja ringan dipasaran yang tidak memenuhi standarisasi baik dari segi bahan maupun sistem pemasangan, mengingat belum adanya peraturan dari pemerintah yang mengikat dan mengaturnya, sehingga mengakibatkan kerobohan struktur rangka atap hingga memakan korban jiwa.”

Atas dasar itulah kami mencoba memberikan informasi seobjektif mungkin, sehingga konsumen di Indonesia dapat menggunakannya sebagai pedoman dan perbandingan diantara sistem rangka atap baja ringan yang beredar di pasaran.

Jangan mudah tertipu dengan penawaran dari perusahaan baja ringan yang hanya mencantumkan jenis atau tipe kuda-kudanya saja. Faktanya adalah kekuatan utama suatu struktur kuda-kuda baja ringan terletak pada HUBUNGAN STRUKTUR ANTAR KUDA_KUDA, dalam hal ini BRACING atau PENGAKU lah yang memegang peranan utama.

Banyak perusahaan baja ringan yang menawarkan harga murah bahkan ada yang sampai banting harga, tahukah Anda bagaimana mereka menyiasatinya ? Betul sekali !, bracing atau pengakulah salah satu item yang mereka kurangi untuk mendapatkan harga minim, tentu saja dengan safety yang minim pula. Sekarang Anda mungkin sedikit mendapat gambaran mengapa banyak konsturksi baja ringan yang melendut ataupun roboh, sehingga Anda dapat lebih berhati- hati dalam menentukan pilihan.

*TIPS : “ Mintalah Detail Gambar Bracing dan Kuda- kuda dalam setiap Surat Penawaran, perusahaan rangka baja ringan yang bagus selalu melampirkannya.”

About these ads

13 responses to “KONSTRUKSI BAJA RINGAN

  1. dengan adanya persaingan usaha teman teman menggebrak dengan harga 95rb/m/segi, krena dilapangan oner minta yang murah dan terjangko harganya.

    boss mendapatkan supraket darimana….????

  2. dimana saya dapat berkonsultasi tentang baja ringan, karena saya berniat ingin mengganti rangka atap rumah saya , dengan ikonstruksi baja ringan baja ringan

  3. untuk bentang 7 s/d 8 m,profil dipilih canal galvaume atap genteng bambe, brp tebal ideal profil canal,reng dan berapa jarak kuda-kuda ideal? trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s